IFRAME SYNC

Anis Baswerdan mengajak pada masyarakat untuk mengisi hari kemerdekaan gaya Nasionalis


Jakarta, postbanten

Anis Baswerdan mengajak pada masyarakat untuk mengisi hari kemerdekaan gaya Nasionalis. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI. saat ini dengan memberikan keadilan dan kesejahteraan.

Tentu kata Anis, bahwa hari kemerdekaan adalah kebebasan dalam kehidupan dan sehingga tidak memaksa kendak untuk orang lain. “Mari kita terus ingat dan camkan bahwa kemerdekaan itu bukan sekadar untuk menggulung kolonialisme,” kata Anies Baswedan di Jakarta, Senin.

Tampaknya, Ia mengajak generasi saat ini untuk menghargai perjuangan para pahlawan, perintis kemerdekaan yang berjuang puluhan tahun.

Bagaimana, dia menjelaskan peristiwa Kebangkitan Nasional pada 1908 ke Sumpah Pemuda tahun 1928 membutuhkan waktu 20 tahun. Kemudian, dari tahun 1928 ke 1945 membutuhkan waktu perjuangan selama 17 tahun.

“Bagi kita sekarang, rentang waktu perjuangan 20 tahun atau 17 tahun bisa diceritakan dalam waktu 10 menit saja. Tapi ingatlah, bagi yang berjuang masa 17 tahun itu amatlah panjang,” ucapnya.

Pemikiran-pemikiran serta perjuangan dari para perintis kemerdekaan tersebut diselami Gubernur DKI ini melalui deretan buku-buku yang ia baca kembali melalui perpustakaan pribadi, di sela-sela mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden dalam Sidang Tahunan MPR. (susi/postb/ant)

Berita Terkait

Top
.