IFRAME SYNC

Wartawan harus memiliki jiwa independen dan netral dalam menyampaikan informasi.


Tangerang, postbanten.net

Ketua Gabungan Wartawan Tangerang (GAWAT) Supriyanta menegaskan Hari Pers Nasional (HPN) menjadikan komitmen bagi wartawan untuk bersikap netral dan independen menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024.

“Di tahun politik saat ini, peranan insan Pers atau wartawan sangat diperlukan untuk menyampaikan hal-hal positif bagi masyarakat Indonesia,” ujar Yanto sapaan akrab Ketua GAWAT, Sabtu (10/2/2024).

Dia mengatakan, peringatan HPN ke 78 sebagai kebangkitan para jurnalis agar bekerja lebih profesional sesuai dengan kode etik sehingga dapat dipercaya masyarakat.

“Wartawan harus memiliki jiwa independen dan netral dalam menyampaikan informasi, terlebih lagi saat ini adalah detik-detik memasuki masa pencoblosan,” katanya.

Menjelang pemilu 2024 tentu produk jurnalistik memainkan peran penting untuk mengawal proses demokrasi dengan cara menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya.

“Untuk itu para jurnalis harus bersikap netral dan obyektif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat juga memberikan edukasi, sebab peran wartawan juga sebagai pilar demokrasi agar pelaksanaan pemilu benar-benar jujur dan adil,” jelasnya.

Untuk itu, Yanto menghimbau kepada jajaran pengurus dan anggota yang tergabung dalam Gabungan Wartawan Tangerang (GAWAT) harus bisa menyampaikan pemberitaan yang bersifat mengedukasi kepada masyarakat.

Dengan demikian, kata dia, para wartawan yang tergabung dalam GAWAT dapat menyiarkan informasi yang kondusif, benar, fakta dan menyejukkan.

“Kami berharap pemilu 2024 damai dan melahirkan pemimpin yang memiliki legitimasi yang kuat secara hukum melalui pesta demokrasi,” tandasnya.

prayitno / postban

Berita Terkait

Top
.