IFRAME SYNC

PWI Tangerang Peringati HPN Tanam Mangrove Atasi Abrasi


Tangerang, Postbanten.net.

Pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, Banten memperingati Hari Pers Nasional 2024 melalukan penanaman mangrove (bakau) di kawasan pesisir untuk mengatasi abrasi.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sri Mulyo di Tangerang, Senin (19/2/2024) mengatakan menanam mangrove merupakan aksi peduli lingkungan demi mengurangi dampak pengikisan pantai (abrasi) akibat terjangan gelombang perairan Laut Jawa.

“Penanaman mangrove itu digelar di kawasan Ketapang Urban Aquacultue, Kecamatan Mauk dengan mengandeng aparat Dinas Lingkungan dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang,” katanya.

Sri Mulyo mengatakan pihaknya juga melakukan pelepasan benih kepiting belangkas (Limulidae) bersamaan dengan penanaman bakau.

Sedangkan belangkas adalah hewan yang hidup dan berkembang biak dengan cepat di kawasan hutan bakau dan keberadaannya tidak merusak.

Kegiatan ini, kata Mulyo, merupakan bagian dari kepedulian para jurnalis yang bertugas meliput di Kabupaten Tangerang terhadap lingkungan kawasan pesisir.

Dalam peringatan HPN 2024, pihaknya juga mengelar tasyakuran, peduli anak yatim, serta tali asih dengan para senior yang telah purna tugas.

Sementara itu, Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi mengatakan aksi PWI peduli lingkungan di Kecamatan Mauk merupakan program yang positif menjaga lingkungan, sejalan dengan upaya Pemkab Tangerang mengatasi abrasi seputar pantai.

Rozi menambahkan pelepasan kepiting belangkas untuk menjaga agar ekosistem perairan dan lingkungan pesisir tetap hijau.

Pihak DLHK, kata dia, mengapresiasi program PWI yang telah menjalin kerjasama demi menjaga lingkungan yang berguna untuk warga sekitar.

* (namraw aytida)

Berita Terkait

Top
.