IFRAME SYNC

Subag dan Hatta juga orang penting di Kementerian Pertanian, ia pasti tahu barang dan jasa yang di lakukan oleh SYL bisa tahu.


Jakarta, postbanten.net

Dua Orang yang terpenting di Kementerian Pertanian Setelah SYL, kini kedua yang di panggil itu ada kemungkinan ia akan di tetapkan tersangkah kepungan SYL ke Indonesia.

Yang di Panggil seleasa kemarin Subagyono dan Muhamad Hatta, ia masih masi tahap saksi, apakah ia di nyatakan tersangkah, ia dan tidak, rabu (11/10).

Subag dan Hatta juga orang penting di Kementerian Pertanian, ia pasti tahu barang dan jasa yang di lakukan oleh SYL bisa tahu.

Mudah-mudahan kasus ini secepat di proses, jika untuk surat penyelidikan sudah di mulai, tetapi saksi kunci pertama tak berada di indonesia.

“Kami tahu, mudah-mudahan pihak penyidik secepatnya bisa membuktikan saksi utama SYL”, tuturnya Juru Bicara KPK Ali Fikri pada wartawan,

Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono dalam kasus korupsi yang menyeret mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dia diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk melengkapi berkas perkara tersangka lain.

“Benar, sebagai saksi untuk berkas perkara tersangka lain,” kata juru bicara KPK Ali Fikri, Selasa, (10/10/2023).

Sebelum memeriksa Kasdi, KPK lebih dulu melakukan pemeriksaan terhadap Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta pada Senin, (9/10/2023).

Hatta memenuhi panggilan tersebut dan sudah diperiksa oleh tim penyidik. KPK belum menjabarkan materi pemeriksaan terhadap Hatta.

KPK mulai melakukan penyelidikan kasus korupsi di Kementan sejak awal 2023. Kasus ini kemudian naik ke tahap penyidikan sejak September kemarin.

Dimulainya penyidikan itu diketahui setelah tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di rumah dinas Syahrul Yasin Limpo pada Kamis 28 September 2023. dikutip CNBC Indonesia

KPK menyebut salah satu kasus yang sedang diusut adalah dugaan pemerasan dalam jabatan.

KPK sudah menetapkan tersangka dalam kasus ini, namun hingga sekarang belum mengumumkannya.

KPK berjanji akan mengumumkan identitas para tersangka, serta detail perkara ini saat melakukan penahanan.

Meski belum diumumkan, salah satu pihak yang dikabarkan menjadi tersangka adalah Syahrul Yasin Limpo sendiri.

Kabar tentang penetapan tersangka itu tersebar ketika Syahrul sedang melakukan perjalanan dinas ke Eropa.

Menurut Masyadi S.IP, M.Si, Aktivis dan juga Dosen, bahwa ia berharap SYL segera ketangkap sebelum akhir Oktober 2023, ini.

“Tidak tertutup kemungkinan Kita ketakutan bahwa masyarakat yang ketemu, lalu di hakimin masyarakat runyam”, ujarnya

henry / postb

Berita Terkait

Top
.