IFRAME SYNC

FIRLI BAHURI DIPANGGIL KOMNAS HAM DAN MEMBANTAH BUAT LIST NAMA BEBERAPAN PEGAWAI KPK YANG TIDAK LOLOS TWK KPK


Jakarta, postbanten

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri akhirnya blak-blakan membantah telah membuat daftar nama pegawai yang akan disingkirkan lewat proses tes wawasan kebangsaan (TWK).

Firli Bahuri dengan tegas mengklaim tidak ada kepentingan dirinya untuk melakukan itu. Hal tersebut diungkapkan Firli Bahuri kepada wartawan saat berada di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

“Apa kepentingan saya membuat list orang?” tegas Firli Bahuri, Kamis (3/6). Sebelumnya, beredar daftar 21 nama pegawai KPK yang diduga ingin disingkirkan Firli Bahuri.

Hingga akhirnya, 21 nama tersebut termasuk dalam 75 pegawai yang tidak lolos TWK KPK hingga dinonaktifkan dari jabatannya.

“Enggak ada kaitannya, orang lulus enggak lulus itu karena dia sendiri,” jelas Firli Bahuri.

Tak hanya itu, Firli Bahuri juga turut merespons rencana Komnas HAM memanggil pimpinan KPK untuk mendalami dugaan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK) pada pekan depan.

Pemanggilan itu merupakan tindak lanjut Komnas HAM atas laporan para pegawai KPK yang melaporkan dugaan pelanggaran HAM dibalik TWK KPK. Firli Bahuri pun mengklaim bahwa TWK KPK digelar bukan hanya didasari oleh keinginan dirinya, tetapi oleh seluruh pimpinan.

“Tetapi yang pasti adalah, tentu kita sudah bahas dengan rekan-rekan pimpinan KPK, karena sesungguhnya pimpinan KPK adalah kolektif kolegial. Sehingga apapun yang kita lakukan harus diputuskan bersama dan harus bertanggung jawab bersama secara tanggung renteng,” jelas Firli Bahuri.

Namun, Firli Bahuri tidak mau menjawab secara lugas apakah dirinya dan pimpinan KPK lainnya akan memenuhi panggilan Komnas HAM tersebut. “Yang mengatakan begitu siapa? Saya belum omong itu loh,” ujar Firli Bahuri (RIP/PN)

Berita Terkait

Top
.