mgid.com, 663616, DIRECT, d4c29acad76ce94f IFRAME SYNC

Ketua Komisi I DPRD Lamsel Menghadiri Haul Raden Inten II Ke-166 Di Taman Makan Pahlawan Raden Inten II


Posbanten.net

LAMSEL – Ketua Komisi I DPRD kabupaten Lampung Selatan menghadiri Haul Raden Inten II ke-166 di Taman Makam Pahlawan Nasional Raden Inten II di Desa Gedong Harta, Kecamatan Penengahan, Rabu ( 5/10/2022).

Turut Hadir anggota Forkopimda kabupaten Lampung Selatan, Sementara dari pihak Raden Inten II, nampak hadir Budiman Yakub gelar Raden Kesuma Yudha dan keluarga besar Keratuan Darah putih.

Kegiatan secara berlanjut menuju GOR Way Handak Pentas Seni Drama tari kolosal, Lomba Mewarnai dan lomba marcing band tingkat Sekolah dasar serta tingkat Sekolah Menengah Pertama

Budiman Yakub dalam sambutannya juga mengapresiasi kegiatan haul Raden Inten II telah melibatkan keluarga besar keturunan punyimbang adat yang ikut berjuang membantu Raden Inten II mengusir para penjajah di tanah Lampung, kegiatan Haul tersebut,sudah di tetapkan oleh Pemerintah Daerah Lampung – Selatan sebagai agenda tahunan.

Lanjut Budiman Raden Inten II ini bukan berjuang sendiri melainkan bersama-sama Punyimbang yang ada di Negeri Pandan, Kekiling, Kelau dan tempat lain yang tidak tercatat. Jadi, kita yang muda-muda bisa mengikuti jejak beliau (Raden Inten II) yang berjuang dari umur 16 tahun sampai berjuang hingga akhir hayatnya diusia 22 tahun Harapannya akan timbul Raden Inten-Raden Inten muda lainnya,” katanya.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan anggota Forkopimda melakukan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan nasional Radin Inten II.
Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, melalui momentum peringatan haul Raden Inten II ke-166, ia mengajak masyarakat Kabupaten Lampung Selatan untuk terus mengenang dan memetik hikmah dari perjuangan Raden Inten II dimasa lalu,

“Kegiatan ini memang agenda tahunan yang diadakan pemerintah daerah serta Lebih lanjut mengenang jasa para pahlawan khususnya pahlawan nasional Raden Inten II yang telah gugur sebagai kesuma bangsa, melalui kegiatan itu juga diharapkan bisa melestarikan warisan budaya yang ada di Lampung Selatan.

Bambang irawan, selaku ketua komisi I DPRD Lampung selatan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Bahwa kegiatan guna meningkatkan solidaritas antar masyarakat Lampung, khususnya masyarakat Lampung Selatan. Sehingga diharapkan masyarakat lebih mencintai dan menghargai jasa para pahlawannya, kegiatan haul juga dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

( Rilis/foto Humas protokol DPRD LS /WL)

Dd/posbanten

Berita Terkait

Top
.